Senin, 29 Agustus 2016

BASIC ELECTRICAL SYMBOLS

Dasar Simbol Listrik dan Makna mereka

simbol listrik dasar mewakili elektroda bumi, sel, baterai, sumber, sumber ideal, yang melawan, dll simbol ini membantu membuat diagram akurat dan dokumentasi.

sirkuit listrik, apakah sederhana atau kompleks, dapat digambarkan dalam berbagai cara. Sebuah sirkuit listrik dapat digambarkan dengan kata-kata belaka, namun, cara sederhana dan visual untuk menggambarkan sebuah sirkuit listrik harus diagram menggunakan dasar simbol listrik .

Dasar Simbol Listrik - Umum

simbol listrik dasar seperti elektroda bumi, sel, baterai, sumber, sumber ideal, yang melawan, variabel resister, pre-set yang melawan, attenuator, kapasitor, antena, LED dioda, kristal disertakan di sini.





Elektroda bumi adalah pelat logam, pipa air, atau konduktor lainnya listrik sebagian dimakamkan di bumi sehingga membentuk dan menyediakan jalur konduktif dapat diandalkan untuk tanah

Sel adalah perangkat yang berisi elektroda tenggelam dalam elektrolit, digunakan untuk menghasilkan arus atau elektrolisis.

Baterai merupakan wadah yang terdiri dari satu atau lebih sel, di mana energi kimia diubah menjadi listrik dan digunakan sebagai sumber listrik.

Sumber adalah bagian dari transistor efek medan yang operator mengalir ke saluran antar-elektroda.

Sumber ideal termasuk sumber tegangan yang ideal dan sumber arus ideal. Sebuah sumber yang ideal adalah konsep teoritis dari arus listrik atau tegangan suplai (seperti baterai) yang tidak memiliki kerugian dan tegangan sempurna atau pasokan saat ini.sumber yang ideal digunakan untuk tujuan analisis hanya karena mereka tidak bisa terjadi di alam.

Resistor adalah resistensi perangkat harus berlalunya arus listrik.

Kapasitor adalah alat yang digunakan untuk menyimpan muatan listrik, yang terdiri dari satu atau lebih pasang konduktor yang dipisahkan oleh isolator.

Antena adalah perangkat listrik yang mengubah energi listrik menjadi gelombang radio, dan sebaliknya.

Beberapa simbol listrik dasar yang paling sering digunakan digunakan dalam diagram skematik ditunjukkan di bawah ini:



Mari kita lihat bagaimana menggunakan simbol-simbol listrik dasar untuk memberikan diagram skematik dari sirkuit dan komponen-komponennya. Contoh satu: tiga D-sel ditempatkan dalam baterai untuk daya sirkuit yang berisi tiga bola lampu. Setiap bola lampu diwakili oleh simbol resistor individu sendiri. garis lurus telah digunakan untuk menghubungkan dua terminal baterai untuk resistor dan resistor sama lain.

Pertama, memilih simbol listrik yang mungkin Anda gunakan dalam diagram, dalam contoh ini adalah baterai, resistor. Kemudian, gunakan alat konektor untuk menghubungkan simbol-simbol ini. Oleh karena itu, diagram akhir bisa seperti gambar berikut.



Dasar Switches Listrik dan Simbol Relay

Gambar di bawah ini menunjukkan switch simbol . Beralih 1P, isolator 1P, sirkuit pemutus 1P, SPST, SPDT, DPST, DPDT dan lagi simbol tersedia di sini.



Switch adalah perangkat untuk membuat dan melanggar koneksi dalam sebuah sirkuit listrik.

Isolator adalah saklar mekanik yang mengisolasi bagian dari rangkaian dari sistem seperti ketika diperlukan. isolator listrik memisahkan bagian dari sistem dari sisanya untuk pekerjaan pemeliharaan yang aman.

SPST adalah satu-tiang, satu-throw (SPST) switch.

SPDT adalah tiang tunggal, ganda-throw (SPDT) switch.

DPST adalah double-pole, single-throw (DPDT) switch.

DPDT adalah double-pole, double-throw (DPDT) switch.

Seperti yang dapat Anda lihat dari gambar di atas, menggunakan simbol-simbol listrik untuk menggambar diagram sirkuit listrik cukup mudah. Untuk menggambarkan metode, kami akan memberikan contoh lain tentang menggunakan simbol-simbol listrik dasar. Contoh dua: Tiga D-sel ditempatkan dalam baterai untuk daya sirkuit yang berisi tiga bola lampu.

hal pertama yang pertama, dengan cepat mengetahui apa yang harus digunakan simbol listrik dalam diagram. Kemudian berpikir tentang tata letak simbol-simbol ini. Last but not least, alat penggunaan konektor untuk menghubungkan semua simbol listrik.Oleh karena itu, diagram akhir bisa seperti gambar berikut.





Dari contoh di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa, kata-kata sederhana tidak dapat dengan jelas menggambarkan sirkuit listrik tertentu. Menggunakan simbol-simbol listrik dasar menggambar diagram sirkuit dapat menunjukkan perilaku di mana komponen sirkuit ditempatkan.
Dasar Transmisi Listrik Simbol Jalan

Gambar di bawah menunjukkan simbol jalur transmisi seperti kawat, multi-jalur bus, bus lurus, persimpangan, terminal, titik uji, label, aliran outware, aliran inware, dll



Kawat digunakan untuk menghubungkan komponen di sirkuit.

Titik uji adalah lokasi dalam sebuah sirkuit elektronik yang digunakan untuk baik memantau keadaan sirkuit atau untuk menyuntikkan sinyal tes.

Aliran keluar berarti mengalir lahiriah, sehingga ke dalam aliran berarti mengalir dalam hati.

Perlu segar mencari simbol listrik dasar untuk desain Anda? Simbol-simbol listrik dasar menang untuk pop. Dan renyah, detail halus mereka akan membuat spektakuler, mudah dipahami diagram dan presentasi kepada pelanggan Anda.



(Yustinus Setyanta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar