Kamis, 07 Januari 2016

PENIKMAT HUJAN

Memasuki musim hujan. Bagi sebagian orang, khususnya penikmat hujan, dengan datangnya hujan akan disambut dengan suka ria. Sebagian orang memang senang ketika hujan turun. Bahkan para ahli menyebut orang-orang seperti ini sebagai Pluviophiles.

Orang-orang pecinta hujan, selalu menikmati hujan dengan meringkuk dalam selimut yang nyaman, menikmati minuman panas dengan membaca buku, koran atau kegiatan lain sembari menikmati hujan. Mereka adalah orang yang merasa damai sejuk ketika hujan mendera.

Biasanya, orang-orang seperti ini mempunyai pribadi yang menyenangkan. Mereka juga nggak pernah memperlihatkan wajah muramnya pada orang-orang disekitarnya. Nggak heran para Pluviophiles cenderung segar. Lalu, mengapa para penikmat hujan cenderug mempunyai hidup yang lebih ceria? hasil interaksi dengan beberapa orang pencinta hujan.:

Seorang Pluviophiles sangat paham bahwa hujan adalah anugerah TUHAN yang diberikan melalui ala kepada manusia

=> Penikmat Hujan Selalu Menikmati Hidup di Setiap Detiknya
     Penikmat hujan itu orang yang sangat imajinatif. Ketika mereka bisa merasakan setiap rintik hujan yang turun, hal ini berpengaruh pada kehidupan mereka. Mereka tahu bagaimana melihat realitas kehidupan yang sederhana dan menempatkannya sesuai konteks. Sikap Pluviophiles yang menghargai aroma hujan yang segar dan nuansa air yang menetes berdampak pada sikap keseharian mereka yang lebih terbuka dengan apapun dan siapapun. Selalu memperhatikan lingkungan sekitar. Ia tahu bahwa sedih dan senang adalah salah satu proses hidup, maka mereka tak pernah mengeluhkan tentang hidup yang begitu sulit. Mereka akan selalu menikmati hidup di setiap detiknya.

=> Mereka Merasakan Kedamaian di Dalam Hatinya Saat Hujan Turun      Bagi orang-orang penikmat hujan, mereka selalu merasakan hati yang damai dan tentram ketika guyuran hujan mulai jatuh ke bawah tanah. Mereka menganggap kalau saat hujan turun adalah waktu yang tepat untuk ‘me time’. Menikmati hujan sambil menyuruput coklat panas atau teh panas, bergumul dengan selimut di kamar yang nyaman, hanya ditemani oleh novel kesayangan atau hewan peliharaan. Tak ada suara bising apapun, cukuplah suara derasnya hujan sebagai latar belakangnya. Bilamana pas tidak bekerja.

=> Baginya Suara Hujan Merupakan Alunan Orkestra yang Bisa Menentramkan Hati
      Mendengar suara tetes-tetes air yang turun dari genteng rumah, maupun pemandangan air hujan yang memukul-mukul tanah di halaman rumah atau dimana saja ketika turun hujan merupakan pertunjukan yang tak boleh dilewatkan oleh orang penikmat hujan.

Baginya, inilah kesempatan mendengarkan orkestra alam yang diberikan Tuhan kepada umatnya. Ibarat candu, orkestra ini bisa menenangkannya, bahkan redanya hujan bisa membawa keindahan. Yaitu pelangi yang muncul setelah hujan. Meskipun tak selalu pelangi itu muncul tatkala selesai hujan namun setidaknya merasakan kesegaran dan kesejukan.

=> Mereka Senang Ketika Menghirup Aroma yang Muncul Setelah Hujan
      Seorang Pluviophiles akan selalu menikmati aroma tanah khas yang muncul setelah hujan, seperti aroma udara yang lembab dan bersih. Menurut peneliti kebahagiaan, Dr Matt Killingsworth, menggunakan aplikasi smartphone yang disebut “Track Your Happiness” untuk meminta orang-orang melaporkan tingkat kebahagiaan mereka selama hujan turun.

Hasilnya sangat mengejutkan, ia menemukan bahwa kebahagiaan berhubungan langsung saat hujan turun, termasuk saat bermain-main dengan percikan atau genangan air. Akan ada rasa yang begitu menyenangkan di hati saat mereka mencium aroma petrichor (Aroma tanah basah akibat terkena hujan).

=> Mereka Memiliki Rasa Percaya Diri yang Tinggi
      Mungkin agak sedikit aneh, kok hujan dihubung-hubungkan dengan kepercayaan diri? Namun, jika diperhatikan orang-orang yang hujan-hujanan begitu terlihat menikmati turunnya hujan. Hujan-hujanan mungkin terlihat seperti tindakan ke kanak-kanakan atau semacamnya.

Tetapi, saat penikmat hujan bermain air dibawah rintikan hujan, mereka tak peduli tentang apa yang dipikirkan orang lain tentang dirinya. Yang mereka tahu adalah ia selalu ingin menikmati momen yang ada. Dengan rasa penuh percaya diri dan bersukacita.

=> Mereka Adalah Orang yang Mencintai Alam
      Seorang pecinta hujan tak pernah panik menghadapi perubahan iklim yang mendadak. Baginya, hujan adalah anugerah karena melalui hujan bunga-bunga menjadi tumbuh bermekaran. Karena hujan juga, kita bisa melihat tanaman-tanaman di kebun tumbuh dengan sangat subur.

Mereka penikmat hujan, sangat paham bahwa hujan turun adalah bentuk keseimbangan kondisi alam. Bukan untuk mengganggu rencana-rencana yang telah direncanakan. Mereka pun tak pernah menggerutu ketika hujan turun. Orang-orang pecinta hujan adalah orang-orang yang menyayangi alam di bumi.

=> Pecinta Hujan Adalah Orang yang Memiliki Jiwa Romantis
      Sebagian besar orang pecinta hujan adalah orang yang memiliki jiwa romantis. Memang, hujan yang turun di sore hari selalu membuat suasan lebih melankonis. Selain selalu mengingatkan atau mengintropeksikan diri, hujan di sore hari juga merupakan momen yang sangat pas untuk menciptakan puisi, lirik lagu atau cerita cinta yang romantis. Entah sudah berapa banyak cerita, lagu, puisi yang dilatarbelakangi oleh hujan.

=> Bahkan, Penikmat Hujan Dapat Melihat Keindahan Dalam Kepedihan
      Sama seperti hujan yang membawa ketenangan dan hidup baru, pecinta hujan juga menghargai segala hal yang baru setelah kepedihan menyelimuti sebelumnya. Dari hujanlah ia bisa melihat keindahan dalam kesedihan. Baginya, ketika hujan itulah dia bisa menemukan ketenanga, maupun kebahagiaannya.

Tatkala turun hujan, barangkali aktivitas di luar ruangan tergangu, mungkin akan mengerutu, mengeluh. Namun setelah hujan reda muncul kesegaran baru bila saja mau menerimanya. Bukankah dalam kehidupan kita masing-masing yang kita jalani juga demikian, adakalanya menemui persoalan hidup yangmelilit pait, tapi jika kita mau menikmatinya akan tak terasa dan menemukan hikmah dibalik masalah dan persoalan hidup, setelah reda kita memperoleh kesegaran baru.





Malahan momen pas hujan itu bisa bikin suasana jadi lebih romatis dengan sang pujaan hati.

Cewek: “Duh dingin banget yah hawanya..”
Cowok: “Iya dingin,lah kan ujan. Emang kamu gak bawa sweater?”
Cewek: “Nggak. Hehehe. Aku lupa nih. Hehehe.” *nyengir kuda*
Cowok: “Kamu pake aja sweaterku nih..”
Cewek: “Eh serius gak apa-apa? Nanti kamu lagi yang kedinginan.”
Cowok: “Gak apa-apa kok. Biar kamu ngerasa lagi dipeluk aku. Hehehe”
Cewek: Co Cuuuuiiit!
Romantis kan? Romantislah yah, uhuiiiii..................
Itulah beberapa hasil penelitian mengapa penikmat hujan selalu cepat bersukacita hidupnya. Karena mereka selalu menikmati momen di hidupnya. Mereka tak merutuki keadaan jika datang musim hujan. Dan Rain lovers know the true meaning of the expression, “You only live once.”

















(Yustinus Setyanta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar