Senin, 15 Februari 2016

KERTAS TISUE

Kertas tisue sengaja dibuat tipis, kenapa? Bayangkan bagaimana kalau kertas tisue itu tebal setebal kertas karton, maka akan susah menggunakannya. Kertastisue itu sengaja dibuat lembut, kenapa? Bayangkan kalau kertas tisue itu kasar, misal seperti amplas kayu atau amplas besi, tentu akan menyakitkan kalau digunakan. Kertas itu sengaja dibuat harga murah, kenapa? Kalau mahal harganya, maka akan di pakai berkali-kali lalu disimpan. Segala hal mengenai kertas tisue dibuat dengan maksud dan tujuan tertentu, dan itu baik adanya.

Biarpun tipis, lembut, murah, dan sering kali bersentuhan dengan hal yang kotor dan menjijikan, namun semua sifat itu tetap berguna dan berarti.

Manusia pun demikian halnya. Manusia ada yang begitu lembut, ada yang begitu lemah, ada yang rendah day hina di mata orang lain. Mereka semua tetap berarti bagi kehidupan ini. Nah, jika semua manusia keras semua, maka yang ada hanyalah kekacauan. Jika semua manusia kuat, maka yang terjadi hanyalah pertarungan hingga peperangan melulu. Jika semua manusia berada di ketinggian, maka yang ada hanyalah pederitaan. Maka dari itu, cerdas menggunakan maupun menghadapi watak dan sifat.








(Yustinus Setyanta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar